5668.2025 Kualitas Hidup dan Kondisi Psikologis sebagai Faktor Penentu Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran: Pendekatan Multivariat
Abstract
Latar Belakang: Mahasiswa kedokteran mengalami penurunan signifikan dalam kesehatan
mental seiring penyesuaian di lingkungan belajarnya, beberapa mengalami kecemasan, depresi,
maupun stress. Kualitas hidup mereka sangat menurun akibat kurangnya waktu yang disebabkan
oleh rutinitas kegiatan dalam studi kedokteran. Lingkungan sekolah kedokteran sering dianggap
sangat menegangkan. Ini berdampak buruk pada prestasi akademik mahasiswa kedokteran serta
kesehatan fisik dan kesejahteraan psikososial mereka.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas hidup dan kondisi psikologis sebagai
penentu prestasi akademik mahasiswa kedokteran dengan menggunakan pendekatan multivariat.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional untuk mengevaluasi
hubungan antara kualitas hidup, kondisi psikologis, dan prestasi akademik mahasiswa
kedokteran. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran dari berbagai tingkat tahun
pendidikan. Sampel akan diambil dengan metode stratified random sampling, dengan jumlah
sampel 80 yang terdiri 20 mahasiswa tiap tingkat tahun pendidikan.
Keluaran: Artikel penelitian ini akan dipublikasikan pada 4 jurnal nasional dan 1 jurnal
internasional yang terakreditasi dan relevan, sehingga dapat diakses oleh akademisi dan praktisi.