5650.2025 HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN TINGKAT DEPRESI DALAM MENGHADAPI DUNIA PERKULIAHAN PADA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan sosial dan tingkat depresi pada mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mahasiswa baru sering mengalami stres akibat transisi dari lingkungan sekolah menengah ke perguruan tinggi, yang dapat memicu masalah kesehatan mental, termasuk depresi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional, melibatkan 259 responden yang dipilih secara proporsional dari berbagai program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) untuk mengukur dukungan sosial dan Depression Anxiety Stress Scale (DASS-42) untuk mengukur tingkat depresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial berperan penting dalam mengurangi tingkat depresi di kalangan mahasiswa baru. Mahasiswa yang merasakan dukungan emosional, instrumental, dan informasi dari keluarga dan teman cenderung memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi tenaga kesehatan dan institusi pendidikan mengenai pentingnya dukungan sosial dalam menjaga kesehatan mental mahasiswa. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut mengenai intervensi yang dapat meningkatkan dukungan sosial dan mengurangi risiko depresi di kalangan mahasiswa baru. Dengan demikian, penelitian ini menekankan perlunya perhatian terhadap kesehatan mental mahasiswa baru sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.