5550.2025 Hubungan Pengetahuan Gizi dengan Persentase Kesesuaian Asupan Makronutrien
Abstract
Pada masa remaja, sering kali terjadi masalah gizi yang sangat spesifik. Penguatan pendidikan gizi pada remaja tentunya akan berdampak positif terhadap perilaku dan kebiasaan makannya di kemudian hari, baik bagi dirinya maupun keturunannya. Kurangnya pengetahuan tentang gizi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ketidakcukupan asupan gizi pada remaja. Remaja yang tidak memiliki pengetahuan yang memadai mengenai gizi cenderung salah dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi dengan persentase kesesuaian asupan makronutrien pada remaja SMA di Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional dengan rancangan cross-sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 379 sampel siswa SMA di Surakarta yaitu SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 3 Surakarta, dan SMA Negeri 7 Surakarta. Data penelitian didapatkan menggunakan kuesioner untuk mengetahui data pengetahuan gizi dan teknik wawancara untuk mengetahui data Recall 24 jam.