5475.2024 HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BPJS DI RUMAH SAKIT KASIH IBU KOTA SURAKARTA

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BPJS DI RUMAH SAKIT KASIH IBU KOTA SURAKARTA

  • CHINDY WIJANARKO MAHASISWA

Abstract

Kesehatan merupakan kondisi sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan individu untuk produktif secara ekonomis, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan hak dasar manusia dan merupakan tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan layanan yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia, melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS Kesehatan. Meskipun demikian, masih banyak keluhan mengenai kualitas pelayanan kesehatan untuk pasien rawat inap yang menggunakan BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien rawat inap pengguna BPJS di Rumah Sakit Kasih Ibu Kota Surakarta. Menggunakan model SERVQUAL yang mencakup tangibilitas, keandalan, jaminan, daya tanggap, empati, dan infrastruktur, penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien, khususnya bagi peserta BPJS.

Published
2025-01-31
Section
B1 - Skripsi/Thesis/Desertasi dengan subyek uji manusia