5361.2024 MODEL PELAYANAN KESEHATAN PROFESIONAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN PERAWAT DAN PASIEN : PILOT PROJECT
Metode Asuhan Keperawatan Profesional Tim sebagai pendekatan kepuasan perawat dan pasien
Abstract
LATAR BELAKANG: Pelayanan kesehatan selalu berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi . Tenaga kesehatan perlu beradaptasi dengan perubahan ini. Salah satu strategi untuk mengoptimalkan peran dan fungsi tenaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien adalah dengan menerapkan metode dengan strategi pengelolaan yang professional.
URGENSI PENELITIAN: Profesionalisme pelayanan tenaga kesehatan merupakan hal yang penting di sebuah rumah sakit, sebab hal ini akan berdampak pada kepuasan perawat dan pasien. Kepuasan pasien biasanya dapat mempengaruhi keputusan pasien untuk mencari perawatan berkelanjutan. Demikian juga kepuasan tenaga kesehatan seperti perawat bisa berhubungan dengan kualitas asuhan keperawatan. Respon yang kurang positif terkait pelayanan kesehatan menunjukkan bahwa kinerja yang di lakukan belum optimal. Peran masing-masing tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien menjadi salah satu sebab turunnya hasil penilaian tenaga kesehatan. Metode asuhan keperawatan profesional merupakan model pemberian pelayanan kepada pasien dan keluarga dengan kerjasama tim yang jelas antar tenaga kesehatan di sebuah bangsal. Oleh karena itu penting untuk di aplikasikan sebuah pilot project di sebuah bangsal untuk kemudian di analisis bagaimana dampaknya pada kepuasan perawat dan pasien.
TUJUAN PENELITIAN: Pengembangan model pelayanan kesehatan dengan model pendekatan keperawatan profesional dalam mengelola pasien di ruang rawat inap.
METODE PENELITIAN:Penelitian ini menggunakan Action Research, yang akan di aplikasikan di sebuah ruang sebagai uji coba penerapan pelayanan kesehatan yang professional. Adapun karakteristik pasien di ruangan ini adalah ruang perawatan dewasa dengan diagnosis kasus medikal bedah , serta rata-rata perawatan yang di berikan adalah moderate care. Karakteristik perawat di ruangan ini adalah perawat yang masih produktif dengan rata-rata usia 25 tahun sampai dengan 45 tahun, dengan latar belakang pendidikan minimal D3 keperawatan. Subjek yang akan di libatkan adalah sekelompok perawat yang akan mendapatkan intervensi dengan pengetahuan dan ketrampilan pelayanan keperawatan profesional, serta tenaga kesehatan lain sebagai tim dalam memberikan pelayanan ini. Perawat kemudian akan di ukur sebelum dan sesudah intervensi , pasien yang berada di sebuah ruang uji coba akan menilai pelayanan kesehatan dimana pasien merupakan kelompok yang di berikan pelayanan standart dan kelompok pasien lainnya adalah yang di berikan pelayanan profesional, kemudian penilaian kepuasan akan di bandingkan antara dua kelompok tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat dan pasien di ruang rawat inap tahun 2024. Responden pada penelitian sebanyak 16 perawat yang bekerja ruang bougenville sebagai pilot project. Tehnik pengambilan sampling pada responden perawat adalah menggunakan total sampling. Responden pasien sebanyak 158 pasien yang akan di ambil dengan tehnik accidental sampling. Responden pasien akan di bagi dua menjadi kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Analisa data yang akan di gunakan untuk membedakan kepuasan pasien dengan menggunakan independent T test bila data normal atau mean whitney bila data tidak normal , sedangkan untuk membedakan pelaksanaaan dan ketrampilan perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan bila data normal menggunakan paired T-test dengan uji alternatifnya uji Wilcoxon. Keandalan pilot project dalam ruang akan di analisis menggunakan action research analisis.
Kata kunci :Kepuasan Perawat, Kepuasan Pasien, Makp Tim.