5331.2024 PENGARUH PELAYANAN, HARGA, LOKASI, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN UNTUK MELAKUKAN PEMERIKSAAN DI LABORATORIUM KLINIK KOTA SOLO
-
Abstract
Perubahan perilaku konsumen memainkan peran penting dalam transformasi industri laboratorium. Masyarakat modern semakin sadar akan pentingnya pemeriksaan kesehatan berkala dan deteksi dini penyakit. Tujuan penelitian untuk menganalisa pengaruh pelayanan, harga, promosi dan lokasi terhadap keprcayaan pasien untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium. Metode penelitian kuantitatif kausal. Jumlah sampel 100 responden. Pengujian hipótesis dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS), Partial Least Square merupakan metode analisis alternatif analisis dengan Structural Equation Modelling (SEM). Temuan menunjukkan bahwa pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan pasien. Artinya bahwa baik dan tidaknya pelayanan yang dberikan tidak mempengaruhi keputusan pasien untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Sedangkan harga, promosi, Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien. Artinya bahwa semakin baik persepsi pasien terhadap harga, promosi dan lokasi yang ditetapkan maka kepercayaan pasien akan semakin tinggi. Hasil ini memberikan gambaran kesesuaian harga, promosi, Lokasi akan memperlihatkan dampak yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen untuk membeli barang tersebut. Hasil penelitian ini pentingnya Lokasi, promosi, harga, kepercayaan pasien untuk mementukan keputusan dalam melakukan pemeriksan di laboratorium klinik solo.
Kata kunci: harga, Lokasi, promosi, kepercayaan, laboratorium klinik