5326.2024 Studi Kasus Presepsi Kualitas Pelayanan Posyandu Remaja di Puskesmas Kartasura

  • Nafisa Rifki Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Kualitas layanan Posyandu Remaja sebagai bagian dari program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) merupakan upaya penting dalam meningkatkan kesehatan remaja. Layanan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan remaja sebagai pengguna layanan. Peningkatan kualitas layanan Posyandu Remaja tidak hanya bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik, tetapi juga untuk memastikan bahwa pelayanan tersebut sesuai dengan nilai-nilai dan harapan remaja, sehingga mampu menciptakan lingkungan kesehatan yang bermanfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan presepsi kualitas pelayanan posyandu remaja di Puskesmas Kartasura. Penelitian menggunakan Jenis penelitian kualitatif. Metode pendekatan masalah dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Sample yang akan di wawancara berjumlah 15 orang (8 peserta posyandu, 1 bidan desa dan 6 kader posyandu). Kriteria informan kunci dalam penelitian ini yaitu
dengan syarat sedang menjadi pengurus aktif, memiliki masa kerja minimal 1 tahun dan menjadi penyelenggara posyandu remaja dalam 1 tahun
terakhir dan Kriteria informan kunci dengan syarat menjadi peserta aktif di posyandu remaja dan minimal 6 kali hadir dalam kegiatan posyandu remaja dalam kurun 1 tahun.

Published
2024-09-20
Section
B2 - Penelitian mandiri dengan subyek uji manuasia