5307.2024 AN OVERVIEW OF THE ACTIVENESS OF HEALTH STUDENTS IN KKN-IPE-AIK WHEN PEER-LED TOPIC DISCUSSION

GAMBARAN KEAKTIFAN MAHASISWA KESEHATAN DALAM KKN-IPE-AIK KETIKA PEER-LED TOPIC DISCUSSION

  • Muhammad Abdan Syuhada Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Pentingnya kolaborasi antar tenaga kesehatan yang dimulai sejak pendidikan melalui Pendidikan Interprofesional (IPE) untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. SDGs 2030 menekankan "Good Health and Well Being," yang mencakup pentingnya kolaborasi dalam meningkatkan kualitas dan keselamatan pasien. Meskipun diakui sebagai strategi inovatif oleh WHO, praktik kolaborasi ini masih menghadapi banyak tantangan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keaktifan mahasiswa kesehatan selama KKN ketika diskusi dipimpin oleh rekan sejawat (Peer-Led Topic Discussion). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif analitik untuk mengevaluasi keaktifan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UMS dalam KKN IPE AIK. Dilaksanakan pada Agustus-September 2024, populasi penelitian mencakup mahasiswa KKN IPE AIK dengan sampel diambil melalui teknik proporsionate random sampling. Variabel independen adalah peer-led topic discussion dan variabel dependen adalah keaktifan mahasiswa. Instrumen yang digunakan termasuk kuesioner data demografi dan Higher Education Student Engagement Scale (HESES). Prinsip etika penelitian meliputi informed consent, anonimitas, kerahasiaan, dan non-maleficence. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan distribusi, frekuensi, dan karakteristik responden.

 
Published
2024-09-09
Section
B1 - Skripsi/Thesis/Desertasi dengan subyek uji manusia