5866.2025 Hubungan antara Fear of Missing Out, Motivasi Penggunaan, dan Kontrol Diri terhadap Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa
Abstract
Teknologi digital berkembang sangat pesat melalui media sosial. Penggunaan media sosial
yang luas di kalangan mahasiswa memunculkan perhatian terhadap potensi kecanduan dan faktor
faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara fear of
missing out (FoMO), motivasi penggunaan media sosial, dan kontrol diri terhadap kecanduan
media sosial pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional,
melibatkan responden mahasiswa yang akan diukur tingkat FoMO, motivasi penggunaan media
sosial, kontrol diri dan tingkat kecanduan melalui skala. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan kriteria mahasiswa aktif Strata 1 di Universitas
Muhammadiyah Surakarta, memiliki akun pada dua hingga tiga atau lebih platform media sosial
berikut: Whatsapp, Tiktok, Instagram, Facebook, dan X, serta menggunakan media sosial tersebut
setiap hari. Jumlah subjek penelitian akan ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin memiliki
margin of error 5% (e = 0.05). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM dengan bantuan
software JASP untuk menguji model hubungan antar variabel secara simultan dan komprehensif.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran hubungan ketiga variabel tersebut
terhadap kecanduan media sosial, sehingga dapat menjadi dasar pengembangan model prediktif
yang valid untuk deteksi dini dan intervensi pencegahan kecanduan media sosial di kalangan
mahasiswa.
Kata kunci: fear of missing out, kecanduan media sosial, kontrol diri, mahasiswa, motivasi
penggunaan