5846.2025 Hubungan Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Toddler Terhadap Perkembangan Bahasa Di Wilayah Puskesmas Kecamatan Delanggu

  • Tasya Annisa Yunita Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

ABSTRAK

BACKGROUND

Perkembangan bahasa pada anak usia toddler (1-3 tahun) merupakan aspek penting yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan gadget. Di era digital seperti ini, anak-anak semakin sering terpapar gadget sejak usia dini. Berdasarkan survei BPS tahun 2022, penggunaan gadget pada anak-anak Indonesia usia dini cukup tinggi. Sebanyak 33,44% anak sudah menggunakan gadget. Anak usia 0-4 tahun sebanyak 25,5% dan anak usia 5-6 tahun mencapai 52,76%. Penggunaan internet

PURPOSE

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget oleh anak usia toddler terhadap perkembangan bahasa di wilayah Puskesmas Kecamatan Delanggu.

METHOD

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi observasional analitik dan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan eksidental sampling (accidental sampling) karena menyesuaikan dengan responden yang datang dalam kegiatan Posyandu. Data dikumpulkan melalui kuesioner penggunaan gadget dan Denver Developmental Screening Test (DDST) untuk menilai perkembangan bahasa.

SIGNIFICANT OF STUDY

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmiah dalam bidang keperawatan anak, khususnya dalam upaya deteksi dini dan pencegahan keterlambatan perkembangan bahasa. Selain itu, temuan ini diharapkan meningkatkan kesadaran orang tua mengenai pentingnya pendampingan dalam penggunaan gadget pada anak.

KEYWORD: penggunaan gadget, perkembangan bahasa, anak usia toddler, DDST, orang tua

Published
2025-09-03
Section
B1 - Skripsi/Thesis/Desertasi dengan subyek uji manusia