5810.2025 Revitalisasi Intellectual Humility dalam Uapaya Pengarusutamaan Moderasi Agama sebagai Pendidikan Perdamaian di Lembaga Kuttab Surakarta

  • arief maulana UMS

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa, terutama dalam menanamkan sikap rendah hati (intellectual humility). Namun, fenomena intoleransi dan dogmatisme di kalangan siswa menunjukkan perlunya integrasi nilai-nilai tersebut dalam kurikulum pendidikan Islam. Oleh karena itu, pengarusutamaan moderasi agama yang inklusif dan toleran menjadi penting untuk mengatasi tantangan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat sikap intellectual humility siswa di lembaga Kuttab Surakarta melalui pengembangan kurikulum berbasis moderasi Islam yang relevan dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini dilakukan dalam satu tahun, dengan fokus pada pengembangan dan uji coba kurikulum di Kuttab Ibnu Abbas sebagai proyek percontohan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Pada tahap Analyze, dilakukan analisis kebutuhan melalui angket, wawancara, dan observasi untuk mengidentifikasi masalah dan kesenjangan dalam pengajaran nilai intellectual humility dan moderasi agama di Kuttab. Berdasarkan temuan tersebut, tahap Design melibatkan perancangan kurikulum berbasis moderasi Islam yang mengintegrasikan nilai intellectual humility. Pada tahap Develop, kurikulum dan modul yang dirancang akan diuji coba di Kuttab Ibnu Abbas. Selanjutnya, pada tahap Implement, kurikulum yang telah dikembangkan diterapkan di tiga Kuttab lain, yakni: Kuttab Al Jaziri, Kuttab Harun Ar Rasyid, dan Kuttab Al-Hayyan. Pada tahap Evaluate, evaluasi dampak implementasi dilakukan untuk menilai efektivitas kurikulum dalam memperkuat moderasi Islam dan sikap toleransi siswa.

Published
2025-09-03
Section
B2 - Penelitian mandiri dengan subyek uji manuasia